-->



5/recent-posts/slider2

404

We Are Sorry, Page Not Found

Apologies, but the page you requested could not be found.

Home Page

Membuat Aplikasi Pertama "Hello World" Menggunakan C#

Jika Anda pernah belajar bahasa pemrograman, bahwa biasanya semua memulai dengan "Hello world!"  hehe. Untuk memulai Visual C# Express, seperti biasa kita akan membuat projectnya terlebih dahulu dengan pilih menu File -> New Project ... Dari dialog project, pilih Console Application.

Kemudian Anda klik Ok, Maka kita sudah membuat project yang pertama pada C#. dan disinilah kesenanganya hehe dan akan terlihat koding seperti berikut :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
        }
    }
}

Sebenarnya, pada kode ini tidak ada hasil apa-apa, atau setidaknya mungkin tampak kosong. Coba jalankan aplikasi dengan menekan F5 pada keyboard Anda. Ini akan membuat Visual C # Express mengkompilasi dan mengeksekusi kode Anda, tetapi anda tidak akan melihat apa apa. Anda mungkin akan hanya melihat jendela hitam dan menutup lagi. Itu karena aplikasi kita tidak melakukan apa pun. Dalam bab berikutnya kita akan belajar semua tentang C#, tetapi untuk sekarang, kita ingin melihat beberapa hasil, jadi mari kita berpura-pura bahwa kita tahu semua tentang C# hehe dan tambahkan beberapa baris untuk mendapatkan beberapa output . Dalam set terakhir dari {}, tambahkan seperti ini: 

Console.WriteLine("Hello World!");
Console.ReadLine();

Kode aplikasi pertama Anda sekarang harus terlihat seperti ini:


using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            Console.WriteLine("Hello World!");
            Console.ReadLine();
        }
    }
}


Sekali lagi, tekan F5 untuk menjalankannya, dan Anda akan melihat jendela hitam yang tidak seperti pertama kita jalankan(muncul dan menghilang), dan bahkan menampilkan salam kita kepada dunia.

Baris pertama menggunakan kelas Console untuk output baris teks, dan yang kedua membaca baris teks dari Console. Read? Mengapa? Sebenarnya ini adalah sedikit trik, karena tanpa itu, aplikasi hanya akan berakhir dan menutup jendela dengan output sebelum orang bisa melihatnya. 

Perintah ReadLine memberitahu aplikasi untuk menunggu input dari user, dan seperti yang Anda akan lihat, jendela konsol sekarang memungkinkan Anda untuk memasukkan teks. Tekan Enter untuk menutupnya. Selamat, Anda baru saja membuat aplikasi pertama Anda! dengan C# Silahkan baca tutorial menarik lainya.

Silahkan pelajari untuk penjelasan program tersebut pada postingan saya yang berikutnya, atau dengan pergi pada alamat berikut : http://tahukoding.blogspot.co.id/2017/01/penjelasan-program-pertama-hello-world.html

Google+ Linked In Pin It
No comments:

All Rights Reserved by Tahu Koding © 2015 - 2016