-->



5/recent-posts/slider2

404

We Are Sorry, Page Not Found

Apologies, but the page you requested could not be found.

Home Page

C# Array Tutorial

Array bekerja sebagai koleksi item, misalnya string. Anda dapat menggunakannya untuk mengumpulkan item dalam satu kelompok, dan melakukan berbagai operasi pada mereka, misalnya penyortiran. Selain itu, beberapa metode dalam kerangka bekerja pada array, memungkinkan untuk menerima berbagai item bukan hanya satu. Ini sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan array?.


Array dideklarasikan seperti variabel, dengan satu set [] kurung setelah datatype, seperti ini:

string[] nama;

Anda perlu instantiate array untuk menggunakannya, seperti ini:
string[] nama = new string[2];

nomor (2) adalah ukuran array, yaitu, jumlah yang dapat menempatkan di dalamnya. Menempatkan item ke array cukup sederhana.
nama[0] = "John Doe";

Tapi mengapa 0? Karena dengan begitu banyak hal dalam dunia pemrograman, penghitungan dimulai dari 0 bukan 1. Jadi item pertama diindeks sebagai 0, berikutnya sebagai 1 dan seterusnya. Anda harus ingat ini ketika mengisi array dengan item, karena Overfilling akan menyebabkan pengecualian. Ketika Anda melihat initializer, pengaturan array untuk ukuran 2, mungkin tampak untuk menempatkan item nomor 0, 1 dan 2 ke dalamnya, tapi ini adalah salah satu item yang terlalu banyak. Jika Anda melakukannya, pengecualian akan dilempar. Kami akan membahas pengecualian dalam bab berikutnya. 

Sebelumnya, kita belajar tentang loop/perulangan. Cara yang paling umum untuk mendapatkan data dari array, adalah foreach loop dan melakukan semacam operasi dengan nilai masing-masing.

string[] nama = new string[2];

            nama[0] = "Indra";
            nama[1] = "indra";

            foreach (string s in nama)
                Console.WriteLine(s);

            Console.ReadLine();

Kami menggunakan loop foreach, karena itu yang paling mudah, tapi tentu saja kita bisa menggunakan salah satu jenis lain dari perulangan. For loop baik dengan array juga, misalnya jika Anda perlu untuk menghitung setiap item.

string[] nama = new string[2];

            nama[0] = "Indra";
            nama[1] = "indro";

            for (int i = 0; i < nama.Length; i++)
                Console.WriteLine("Jumlah Item " + i + ":" + nama[i]);

            Console.ReadLine();

Ini sebenarnya sangat sederhana. Kami menggunakan properti Length array untuk memutuskan berapa kali loop harus iterate, dan kemudian kita menggunakan counter (i) output di mana kita berada dalam proses, serta mendapatkan item dari array. Sama seperti kita menggunakan nomor, yang disebut indexer, untuk menempatkan barang-barang ke dalam array, kita dapat menggunakannya untuk mendapatkan item tertentu. 

Saya katakan sebelumnya bahwa kita bisa menggunakan array untuk mengurutkan berbagai nilai-nilai, dan itu sebenarnya sangat mudah. Kelas Array berisi sekumpulan metode cerdas untuk bekerja dengan array. Contoh ini akan menggunakan nomor bukan string, hanya untuk mencoba sesuatu yang lain. Saya ingin menunjukkan cara lain untuk mengisi sebuah array, yang jauh lebih mudah. Lihatlah:

int[] nomor = new int[5] { 4, 3, 8, 0, 5 };

Dengan satu baris, kami telah membuat sebuah array dengan ukuran 5, dan mengisinya dengan 5 bilangan bulat. Dengan mengisi array seperti ini, Anda mendapatkan keuntungan ekstra, karena compiler akan memeriksa dan memastikan bahwa Anda tidak menaruh terlalu banyak item dalam array. Coba tambahkan nomor lebih - Anda akan melihat compiler error. 

Sebenarnya, hal itu dapat dilakukan bahkan lebih pendek, seperti ini:
int[] nomor = { 4, 3, 8, 0, 5 };

Ini lebih singkat, dan Anda tidak harus menentukan ukuran.

Mari kita coba menyortir array - inilah contoh lengkap:
using System;
using System.Collections;

namespace Belajar
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            int[] nomor = { 4, 3, 5, 7, 6 };

            Array.Sort(nomor);

            foreach (int i in nomor)
                Console.WriteLine(i);

            Console.ReadLine();
        }
            
    }
}

Satu-satunya hal yang baru sebenarnya di sini adalah perintah Array.Sort. Hal ini dapat mengambil berbagai parameter, untuk berbagai jenis pemilahan, tetapi dalam kasus ini, itu hanya mengambil array kita. Seperti yang dapat Anda lihat dari hasilnya, array kita telah disortir. Kelas Array memiliki metode lain juga, misalnya metode Reverse(). Anda dapat mencarinya di dokumentasi untuk melihat semua fitur dari kelas Array. 

Namun, C # array dapat multidimensi, kadang-kadang disebut sebagai array dalam array. array multidimensi datang dengan dua jenis pada C #: array Rectangular dan jagged arrays. Perbedaannya adalah bahwa dengan array Rectangular, semua dimensi harus ukuran yang sama. Sebuah jagged arrays dapat memiliki dimensi berbagai ukuran. array multidimensi adalah subjek berat, dan sedikit keluar dari lingkup tutorial ini.
Google+ Linked In Pin It
No comments:

All Rights Reserved by Tahu Koding © 2015 - 2016