Mari kita mulai pemrograman yang sebenarnya dengan Kerangka Android. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki set-up pengembangan Android Anda dengan benar seperti yang dijelaskan di Android - Environment Set-up tutorial. Saya juga menganggap bahwa Anda memiliki sedikit pengetahuan dengan Android Studio.
Jadi mari kita lanjutkan untuk menulis aplikasi Android sederhana yang akan mencetak "Hello World!".
Membuat Aplikasi Android
Langkah pertama adalah untuk membuat aplikasi Android sederhana menggunakan Android Studio. Ikuti opsi File -> New -> Project.
Next ->
Next ->
Pilih Empty Activity -> Next ->
Finish ->
Setelah project Anda berhasil dibuat, akan ditampilkan layar project sebagai berikut :
Sebelum Anda menjalankan aplikasi Anda, Anda harus menyadari beberapa direktori dan file dalam project Android.
src
Ini berisi java file sumber untuk proyek Anda. Secara default, itu termasuk file sumber MainActivity.java memiliki kelas aktivitas yang berjalan saat aplikasi Anda dijalankan.
generated
Ini berisi file .R, file compiler yang dihasilkan dari semua sumber yang ditemukan dalam project Anda. Anda tidak harus memodifikasi file ini.
res / layout
Ini adalah direktori untuk file yang mendefinisikan antarmuka pengguna aplikasi Anda.
res / values
Ini adalah direktori untuk berbagai file XML lain yang berisi kumpulan sumber, seperti string dll.
AndroidManifest.xml
Ini adalah file manifest yang menggambarkan karakteristik mendasar dari aplikasi dan mendefinisikan masing-masing komponennya.
Berikut akan memberikan beberapa gambaran singkat dari file aplikasi penting.
Main Activity File
main activity adalah Kode file Java MainActivity.java. Ini adalah file aplikasi yang sebenarnya yang akhirnya akan dikonversi menjadi executable Dalvik dan menjalankan aplikasi Anda. Berikut adalah kode default yang dihasilkan untuk aplikasi Hello World!.
package helloworld.megadistudio.com.helloworld; import android.support.v7.app.AppCompatActivity; import android.os.Bundle; public class MainActivity extends AppCompatActivity { @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); } }
Di sini, R.layout.activity_main mengacu ke file activity_main.xml terletak di res/layout folder. onCreate () metode adalah salah satu dari banyak metode ketika suatu activity dimuat.
Manifest File
Apapun komponen Anda berkembang sebagai bagian dari aplikasi Anda, Anda harus menyatakan semua komponen dalam manifest.xml yang berada pada akar direktori proyek aplikasi. File ini bekerja sebagai antarmuka antara OS Android dan aplikasi Anda, jadi jika Anda tidak mendeklarasikan komponen Anda dalam file ini, maka tidak akan dianggap oleh OS. Misalnya, default file manifest akan terlihat seperti sebagai berikut :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" package="helloworld.megadistudio.com.helloworld"> <application android:allowBackup="true" android:icon="@mipmap/ic_launcher" android:label="@string/app_name" android:supportsRtl="true" android:theme="@style/AppTheme"> <activity android:name=".MainActivity"> <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> </application> </manifest>
Berikut <application> ... </ application> tag tertutup komponen yang terkait dengan aplikasi. Atribut android:icon akan menunjuk ke ikon aplikasi yang tersedia di bawah res/drawable-hdpi. Aplikasi ini menggunakan gambar bernama ic_launcher.png terletak di folder drawable
<Activity> tag digunakan untuk menentukan suatu kegiatan dan android:name menentukan nama kelas yang memenuhi syarat dari subclass Activity dan android:label atribut menentukan string untuk digunakan sebagai label untuk kegiatan tersebut. Anda dapat menentukan beberapa kegiatan menggunakan <activity> tag.
Tindakan untuk maksud filter bernama android.intent.action.MAIN untuk menunjukkan bahwa kegiatan ini berfungsi sebagai entry point untuk aplikasi. Kategori untuk maksud-filter bernama android.intent.category.LAUNCHER untuk menunjukkan bahwa aplikasi dapat diluncurkan dari ikon peluncur perangkat.
@string mengacu ke file strings.xml dijelaskan di bawah. Oleh karena itu, @ string/app_name mengacu string app_name didefinisikan dalam file strings.xml, yang merupakan "HelloWorld". cara yang sama, string lain bisa diisi dalam aplikasi.
Berikut ini adalah daftar dari tag yang akan Anda gunakan dalam file manifest Anda untuk menentukan berbagai komponen aplikasi Android:
- <activity>
- <service>
- <receiver>
- <provider>
Strings File
File strings.xml terletak di res/value folder dan berisi semua teks yang menggunakan aplikasi Anda. Misalnya, nama-nama tombol, label, teks default, dan jenis serupa string masuk ke file ini. File ini bertanggung jawab untuk konten tekstual. Sebagai contoh, sebuah file string default akan terlihat seperti sebagai berikut :
<resources> <string name="app_name">Hello World</string> </resources>
R File
File generate/com.example.helloworld/R.java adalah perekat antara aktivitas file Java seperti MainActivity.java dan string seperti strings.xml. Ini adalah file secara otomatis dan Anda tidak perlu mengubah isi dari file R.java.
Layout File
activity_main.xml adalah file layout yang tersedia di res/layout, yang direferensikan oleh aplikasi ketika membangun antarmuka. Anda akan memodifikasi file ini sangat sering untuk mengubah tata letak aplikasi Anda. Untuk "Hello World!" aplikasi, :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" android:id="@+id/activity_main" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent" android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin" android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin" android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin" android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin" tools:context="helloworld.megadistudio.com.helloworld.MainActivity"> <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="Hello World!" /> </RelativeLayout>
Ini adalah contoh dari RelativeLayout sederhana yang akan kita pelajari dalam bab tersendiri. TextView adalah kontrol Android digunakan untuk membangun GUI dan itu memiliki berbagai atribut seperti android:layout_width, android:layout_height dll yang sedang digunakan untuk mengatur lebar dan tinggi dll .
Menjalankan Aplikasi
Mari kita coba untuk menjalankan "Hello World!" Aplikasi yang kita buat. disini saya menggunakan emulator Genymotion untuk menjalankan aplikasi "Hello World!" ini. Untuk menjalankan dengan mengklik tombol run pada Android Studio.
Berikut hasil dari aplikasi sederhana kita "Hello World!":
Selamat!!! Anda telah mengembangkan aplikasi Android pertama Anda dan sekarang terus mengikuti sisa langkah tutorial demi langkah untuk menjadi Developer Android besar. :D