-->



5/recent-posts/slider2

404

We Are Sorry, Page Not Found

Apologies, but the page you requested could not be found.

Home Page

Belajar Menggunakan Perulangan pada C#

Teknik lain yang penting ketika menulis program adalah perulangan - kemampuan untuk mengulang blok kode sebanyak X kali. Dalam C#, mereka terdapat dalam 4 varian yang berbeda, dan akan belajar pada masing-masing dari jenis perulangan tersebut.

while

While perulangan mungkin adalah salah satu yang paling sederhana, jadi kita akan mulai dengan itu. Perulangan while hanya mengeksekusi blok kode selama kondisi yang Anda berikan benar. Contoh sederhana, dan kemudian beberapa penjelasan seperti berikut:

using System;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            int nomor = 0;

            while (nomor < 5)
            {
                Console.WriteLine(nomor);
                nomor = nomor + 1;
            }

            Console.ReadLine();
        }
    }
}

Coba jalankan kode. Anda akan mendapatkan daftar nomor dari angka, dari 0 sampai 4. Jumlah pertama yang didefinisikan sebagai 0, dan setiap kali kode perulangan ini dijalankan, maka akan bertambah satu. Tapi mengapa hanya sampai pada nomor 4, sedangkan kode mengatakan 5? Untuk kondisi untuk yang benar, nomor harus kurang dari 5, yang dalam hal ini berarti, bahwa kode output jumlahnya tidak tercapai ketika jumlahnya sama dengan 5. itu karena kondisi perulangan while dievaluasi sebelum memasuki blok kode.

Perulangan Do

Selanjutnya adalah menggunakan Do Perulangan, yang bekerja seperti While perulangan. Do Perulangan mengevaluasi kondisi setelah perulangan telah dieksekusi, yang memastikan bahwa blok kode selalu dijalankan minimal sekali.

using System;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            int nomor = 0;

            do
            {
                Console.WriteLine(nomor);
                nomor = nomor + 1;
            } while (nomor < 5);

            Console.ReadLine();
        }
    }
}

outputnya adalah sama.

For Perulangan

Perulangan For ini sedikit berbeda. Ini lebih disukai ketika Anda tahu berapa banyak iterasi yang Anda inginkan, baik karena Anda tahu jumlah persisnya iterasi, atau karena Anda memiliki variabel yang berisi nomor. Berikut adalah contoh dari perulangan for.

using System;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            int nomor = 5;

            for (int i = 0; i < nomor; i++)
                Console.WriteLine(i);

            Console.ReadLine();
        }
    }
}

Ini menghasilkan output yang sama persis, tapi seperti yang Anda lihat. Ini terdiri dari 3 bagian kita menginisialisasi variabel untuk menghitung, menyiapkan pernyataan kondisional untuk menguji, dan kenaikan konter (++ berarti sama dengan "variabel = variabel + 1"). 

Bagian pertama, di mana kita mendefinisikan variabel i dengan nilai 0, hanya dieksekusi sekali, sebelum perulangan dimulai. selanjutnya bagian terakhir yang dijalankan untuk setiap iterasi dari perulangan. Setiap kali, i dibandingkan dengan variabel nomor, jika i lebih kecil dari nomor, perulangan berjalan sekali lagi. Setelah itu, i akan ditambah satu. 
Coba jalankan program, dan setelah itu, cobalah mengubah nomor variabel dengan yang lebih besar atau lebih kecil dari 5.

Foreach Perulangan

Perulangan terakhir kita  adalah perulangan foreach. Ini beroperasi pada koleksi item, misalnya array atau built-in. Dalam contoh ini kita akan menggunakan salah satu dari list/daftar sederhana, disebut ArrayList. Ia bekerja seperti sebuah array, tapi jangan khawatir, kita akan belajar pada postingan saya yang berikutnya.

using System;
using System.Collections;

namespace HelloWorld
{
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            ArrayList list = new ArrayList();
            list.Add("dicky");
            list.Add("andre");
            list.Add("indrawan");

            foreach (string nama in list)
                Console.WriteLine(nama);

            Console.ReadLine();
        }
    }
}


Oke, jadi kita telah membuat sebuah instance dari sebuah ArrayList, dan kemudian kita menambahkan beberapa item string. Kami menggunakan perulangan foreach untuk menjalankan setiap item, pengaturan variabel nama untuk item kita telah mencapai setiap kali. Dengan cara itu, kita memiliki variabel nama untuk output. Seperti yang Anda lihat, kita mendeklarasikan variabel nama untuk menjadi tipe string. Dalam kasus, Anda memiliki daftar dari berbagai jenis, Anda dapat menggunakan kelas objek bukan kelas khusus, untuk menarik setiap item sebagai objek. 

Ketika bekerja dengan daftar, Anda dapat menggunakan perulangan foreach, karena itu lebih sederhana daripada perulangan lainnya untuk operasi semacam ini.
Google+ Linked In Pin It
No comments:

All Rights Reserved by Tahu Koding © 2015 - 2016