-->



5/recent-posts/slider2

404

We Are Sorry, Page Not Found

Apologies, but the page you requested could not be found.

Home Page

Mengenal User Interface Pada Unity 3D

Berikut ini adalah contoh aplikasi yang saya buat menggunakan unity 3D, temen temen bisa mendownloadnya pada google play melalui link berikut : disini

Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang user interface pada unity 3D. Oke, yang pertama kita mulai dengan membuat projectnya terlebih dahulu.

Membuat Project Pada unity 3D

Klik tombol New Project Anda akan melihat dialog sebagai berikut:


Silahkan beri nama pada project anda, disini saya menamai belajar  dan memilih lokasi pada hard drive Anda untuk menyimpannya. Anda akan melihat bahwa Anda memiliki dua pilihan: 3D atau 2D. Kedua opsi menentukan konfigurasi awal dari editor; Anda dapat mengubah pengaturan ini nanti jika Anda memutuskan untuk mengubah jenis permainan Anda. Untuk saat ini, pilih 3D.
Tombol Add Asset Package memungkinkan Anda mengimpor paket ke dalam project Anda. Misalnya, jika Anda membuat penembak orang pertama, Anda mungkin ingin mengimpor paket kontroler orang pertama Unity.
Ini hanyalah sebuah fitur pada saat membuat project, Anda dapat mengimpor paket pada proyek Anda. Untuk tutorial ini, Anda tidak perlu untuk mengimport Asset package. Klik Create Project dan Unity akan terbuka dengan proyek pertama Anda.

Ketika Unity terbuka, Anda akan melihat seperti ini:




Dan seperti itulah tampilan secara default pada unity. Tampilan pada  unity bisa kita sesuaikan sesuai selera kita.
Di sudut kanan atas, Anda akan melihat tiga tombol. Pilih tombol paling kanan "Default", dari daftar pilihan, kemudian pilihlah sesuai selera atau kita bisa mengaturnya sendiri dengan drag dan drop.


Editor Anda sekarang harus terlihat seperti gambar di bawah saya disini memilih 2 by 3 pada layout dan akan seperti berikut:


Berikut ini adalah rincian dari gambar diatas :

1. Scene View

Scene View adalah di mana Anda membangun permainan Anda, di mana Anda dapat menambahkan semua model, kamera, dan lainnya untuk membuat permainan Anda. Ini adalah jendela 3D di mana Anda dapat menempatkan semua aset Anda.

2. Game View

Game View merupakan perspektif game. Ini dimana anda bisa bermain game dan melihat bagaimana semua bekerja. Game View memiliki aspek rasio, yang memungkinkan Anda untuk mengubah perspektif pandangan untuk mencocokkan dari aspek rasio layar tertentu (misalnya 4: 3, 16: 9, 16:10 ...) atau layar perangkat seperti yang dari iPhone atau iPad. Hal ini memungkinkan Anda untuk memastikan terlihat baik pada semua aspek rasio dan tidak ada konten penting yang terputus.

3. Hierarchy

Hierarchy berisi semua daftar GameObjects yang sedang digunakan dalam permainan Anda. Tapi apa itu GameObject? adalah obyek dalam permainan Anda. 
Pada dasarnya, GameObjects mewakili titik dalam ruang Anda untuk menyesuaikan melalui menambahkan Components. Komponen mengizinkan GameObjects proyek geometri, dari kubus sederhana hingga model 3d yang lebih kompleks menara atau monster, memancarkan cahaya, bertindak sebagai kamera atau bahkan membuat perilaku yang kompleks melalui script.
GameObjects juga dapat berisi GameObjects lainnya, yang membuat mereka sangat berguna untuk mengatur adegan Anda.

4. Project 

Project berisi semua aset yang digunakan untuk permainan Anda, itu seperti mini-filesystem. Anda dapat mengatur aset Anda dengan folder, dan ketika Anda ingin menggunakannya, Anda cukup drag aset dari Project ke Hierarchy. Atau, Anda dapat menyeret dari Project untuk Scene View. Jika Anda menyeret file dari komputer Anda ke dalam Project kemudian Unity secara otomatis akan mengimpor mereka sebagai aset untuk Anda.

5. Inspector

Inspector memungkinkan Anda mengkonfigurasi GameObject apapun. Bila Anda memilih GameObject di Hierarchy, Inspector akan menampilkan semua bidang yang sesuai pada GameObject itu.

6. Toolbar

Toolbar untuk memanipulasi berbagai GameObjects di Scene View. Anda akan menggunakannya ketika Anda mengembangkan permainan.
Hand Tool adalah untuk mengatur view anda pada scene view.
Pilih Hand Tool, kemudian tarikScene View untuk menggeser adegan.
-Klik kanan dan seret untuk memutar kamera di sekitar posisi, melihat bahwa ikon tangan berubah menjadi mata.
Berikutnya, tahan tombol Ctrl dan Alt, klik kanan dan gerakkan mouse sampai tampilannya ke TKP dan mainkan scrool pada mouse.
Tahan tombol kanan mouse dan tekan tombol W A S D pada keyboard untuk bergerak di sekitar. Demikian juga, Anda dapat bergerak ke atas dan ke bawah dengan menekan E atau Q. Untuk memindahkan lebih cepat, tahan tombol Shift juga:
Tombol shortcut hand tool adalah Q. Untuk lebih cepat ke hand tool, tekan tombol tengah mouse. Setelah Anda melepaskannya, Anda akan kembali ke tool sebelumnya yang Anda gunakan.
Translate Tool memungkinkan Anda memilih posisi GameObject di scene view.
Anda akan melihat ketika Anda pertama kali memilih GameObject Anda akan melihat tiga anak panah berwarna. panah ini menunjukkan sumbu tiga dimensi dari obyek:. sumbu x adalah panah merah, sumbu y adalah panah hijau, dan sumbu z adalah panah biru.
Catatan: Tiga panah berwarna dikenal sebagai Gizmo. Gizmo adalah geometri 3D atau tekstur yang menyediakan informasi mengenai GameObject.

Dalam hal ini, Gizmo menunjukkan arah masing-masing sumbu. Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang Unity, Anda akan dapat menambahkan Gizmos Anda sendiri untuk menunjukkan hal-hal seperti poin, lokasi kamera atau bahkan arah angin. Hal yang besar tentang Gizmos adalah mereka hanya ditampilkan dalam adegan View, dan Anda dapat mematikannya ketika tidak lagi diperlukan.
Ada banyak cara untuk memindahkan GameObject Anda dengan Translate Tool. Anda dapat memilih salah satu anak panah, kemudian gerakkan mouse, GameObject hanya akan bergerak pada satu sumbu. Misalnya, jika Anda memilih y-axis dan pindah obyek sambil menghadap dalam orientasi normal, GameObject hanya akan bergerak naik atau turun.
Tombol shortcut untuk Translate Tool adalah W.
Rotate Tool, memungkinkan Anda untuk memutar objeck:
Anda akan melihat tiga garis berwarna bola ketika Anda memilih salah satu objek untuk memutar, garis-garis ini menunjukkan sumbu berputar di sekitar. Cukup pilih garis dan tarik mouse Anda untuk memutar GameObject. Untuk memutar bebas tanpa dibatasi sumbu, pilih ruang antara garis dan gerakkan mouse Anda:
Tombol shortcut untuk Rotate Tool adalah E.
Scale Tool memungkinkan Anda mengatur skala GameObject baik sepanjang sumbu tunggal, atau secara proporsional pada semua sumbu.
Untuk skala objek sepanjang sumbu, pilih GameObject kemudian tarik ujung persegi garis sumbu, skala GameObject akan sepanjang sumbu itu. Untuk skala seluruh GameObject, pilih titik pusat GameObject dan tarik mouse baik maju atau mundur.
Tombol shortcut untuk Scale Tool adalah R.
Catatan: Beberapa dari Anda mungkin sedikit bingung dengan tombol shortcut. Anda akan menganggap shortcut dari scale adalah S bukan R.

Unity mengasumsikan Anda menggunakan mouse dengan tangan kanan dan keyboard dengan tangan kiri Anda. jari Anda, saat istirahat, akan berada di tombol A S D F. Anda perhatikan setiap tombol shortcut dari toolbar sesuai dengan kunci di atas. Shortcut keyboard untuk toolbar sesuai dengan tombol Q W E R T, dari kiri ke kanan. 
Rect Tool digunakan dengan GameObjects 2D dan User Interface (UI) GameObjects, meskipun Anda dapat menggunakannya pada 3D GameObjects juga.
Tool ini dapat mengubah ukuran, skala, dan memutar aset 2D dan juga pivot point, yang merupakan titik pusat rotasi untuk objek. Pivot point diwakili oleh lingkaran besar pada aset.
Tombol shortcut untuk Rect Tool adalah T.
Gizmo display toggles mereka lebih dari tombol, pada kenyataannya mereka toggle yang mengontrol bagaimana posisi Gizmos dalam adegan Anda.
Antara center dan Pivot. Ketika dalam mode Center, jika Anda memilih dua GameObjects, Gizmo akan ditempatkan di tengah dari dua benda. Memutar GameObjects di sekitar pusat Gizmo. Dalam mode Pivot, setiap GameObject berputar di sekitar titik poros sendiri.
Kedua antara global dan lokal. Dalam mode Global, Anda memanipulasi objek dari sudut pandang di sekitarnya. Sumbu x berjalan dari kiri ke kanan, sumbu y naik dan turun, dan sumbu z berjalan ke depan dan ke belakang seperti biasa. Beralih ke mode lokal bekerja dari sistem koordinat dari obyek itu sendiri, dan perubahan sumbu untuk mencocokkan bahwa dari GameObject yang sebenarnya.

7. Play Tombol

Play Tombol untuk memulai dan menghentikan permainan Anda. Tombol pertama adalah tombol Play.
Beberapa hal yang terjadi ketika Anda menekan Play. Pertama, permainan Anda akan mulai, Tombol set juga akan berubah menjadi biru untuk menunjukkan bahwa permainan ini sedang dijalankan.
Seluruh desain layout meredup untuk menunjukkan permainan aktif.
Ingat, setiap perubahan yang Anda buat akan hilang setelah Anda menghentikan permainan. Ini adalah kesalahan umum untuk pemula sama-sama untuk menjalankan permainan dan membuat tumpukan perubahan - yang semua hilang saat berhenti!.
Tombol berikutnya adalah Pause.
Memungkinkan Anda melangkah melalui permainan Anda satu frame pada satu waktu, itu berguna ketika Anda ingin mengamati animasi secara frame-by-frame, atau ketika Anda ingin memeriksa keadaan GameObjects tertentu selama gameplay:

8. Miscellaneous Editor Settings

Tiga kontrol menangani aspek aneka editor. Yang pertama adalah Layers Drop-down.
Anda dapat menggunakan Layers untuk hal-hal seperti mencegah render GameObjects, atau tidak termasuk GameObjects seperti tabrakan.
Selanjutnya adalah Layouts drop-down, ini memungkinkan Anda membuat dan menyimpan Layout tampilan dalam editor Anda.
Tombol berikutnya adalah tombol Service. Tombol di mana Anda dapat menambahkan layanan Unity untuk permainan. Mengklik pada tombol akan meminta Anda untuk membuat ID Unity Proyek yang akan memungkinkan Anda untuk menambahkan layanan.
Setelah Anda menambahkan ID Project, Anda akan dapat menambahkan layanan untuk project Anda.Misalnya, Anda dapat memberikan awan membangun project Anda. Ini secara otomatis membangun proyek Anda sehingga Anda tidak perlu menunggu untuk setiap membangun project. Anda juga dapat menambahkan Analytics, In-Game Iklan, dan dukungan Multiplayer.
Anda juga dapat menambahkan anggota tim untuk project, mengatur pembatasan usia, dan mengubah beberapa pengaturan project penting.
Tombol akhir, Account, memungkinkan Anda mengelola akun Unity Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat data akun Anda, masuk dan keluar, dan upgrade.

Berikut ini adalah contoh aplikasi yang saya buat menggunakan unity 3D, temen temen bisa mendownloadnya pada google play melalui link berikut : disini
Google+ Linked In Pin It
No comments:

All Rights Reserved by Tahu Koding © 2015 - 2016